Advertisement

Aku Si Penghubung Dunia (INTERNET 1)

Baca Juga


Ya itulah aku “internet” si penghubung dunia, kali ini aku ingin bercerita bagaimana aku ada diantara kalian, bagaimana aku bisa menghubungkan kalian dengan isi dunia ini, dari jaman dulu aku diciptakan sampai sekarang aku selalu menjadi sesuatu yang penting untuk kalian, karena tanpaku kalian tidak akan tahu perkembangan jaman, teknologi, gaya hidup, dan lain sebagainya.




Aku ini sebenarnya sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Waktu itu mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer berbasis UNIX yang bertujuan untuk melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak ada batasan melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang lebih dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Awal aku diciptakan sebenarnya hanya untuk kebutuhan militer saja. Waktu itu Departement Pertahanan Amerika Serikat, membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer kedaerah yang vital untuk mengatasi masalah, seperti serangan nuklir . Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu, Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan pada tahun 1969, dan ARPANET diperkenalkan secara umum pada bulan Oktober 1972. Setelah diperkenalkan, tidak membutuhkan waktu lama proyek ini langsung berkembang pesat ke seluruh daerah dan semua universitas di Amerika yang ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan mengaturnya.

Nah pas disinilah semuanya berubah ARPANET membagi dirinya menjadi 2 yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan ini akhirnya dikenal dengan nama DARPA INTERNET, kemudian namaku ini disederhanakan lagi menjadi internet.

Saat ini aku ini menjadi bagian penting dalam hidup kalian, untuk mencari informasi, untuk eksis dimedia sosial misalnya. Mungkin itu sekelumit tentang aku Internet 



“Si Penghubung Dunia (internet )”.

0 comments

loading...