Advertisement

LANGKAH AWAL UNTUK MEMULAI HIDUP SEHAT

Baca Juga

Menjalani pola hidup sehat sewajarnya didukung oleh 5 poin utama, yaitu makanan yang bergizi, olahraga secara rutin, mengelola stres, menjaga kebersihan, dan menghindari kebaisana buruk. Kelima faktor tersebut pada akhirnya akan membentuk kestabilan emosional pada dirimu.

Pola hidup sehat dimulai dengan mengonsumsi makanan bergizi, hingga rutin olahrag

Kunci dari pola hidup sehat adalah melakukan apa yang kamu sukai, tapi tanpa berlebihan. Contohnya :

  • Menikmati makanan kesukaan, tapi jika berlebihan akan muntah.
  • Bekerja keras di kantor, tapi jika berlebihan akan stres.
  • Berolahraga menguji ketahanan diri, tapi jika berlebihan akan terserang penyakit.
Apa saja yang menjadi bagian dari menjalani pola hidup sehat?

1. MAKANAN YANG BERGIZI

      Makanan adalah jiwamu. Jika makananmu didominasi oleh fast food, gorengan, atau daging berlemak tiap hari, maka tubuhmu akan rentan gangguan kesehatan.

 Sebaliknya, jika kamu mengutamakan makanan yang menyeimbangkan nutrisi dari sayur-sayuran, buah-buahan, daging, dan kacang-kacangan, maka tubuh menjadi sehat, berenergi, dan bersemangat tinggi.

Buatlah daftar menu yang kamu sudah perhitungkan kelengkapan nutrisi dan kemudahan dalam mendapatkannya, seperti persiapkan menu yang sudah mengandung gandum utuh, sayur, buah, produk olahan susu, kacang, dan lemak yang baik.

2.  MENIKMATI AKTIFITAS SEHARI - HARI

      Apa pun yang kamu lakukan sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari secara profesional sewajarnya adalah sesuatu yang kamu sukai dan kamu bisa selesaikan dengan senang hati.


  • Pilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlianmu. Cari tahu lebih banyak tentang pekerjaan yang kamu inginkan dan tentukan pilihanmu sesuai dengan yang kamu senangi.
  • Dedikasikan waktu bekerja yang disepakati sepenuhnya. Meski begitu, jangan sepelekan waktu istirahatmu juga. Isilah waktu istirahat dengan makan siang yang bergizi. Tidak ada salahnya untuk jalan-jalan sejenak atau berbincang dengan teman-teman di warung kopi untuk bersantai sejenak.
  • Jangan lupakan hobimu. Lakukanlah yang kamu senangi tiap minggu. Mendaki, berlibur ke pegunungan, berenang, atau hanya sekadar jalan-jalan di daerah wisata dalam kota disarankan menjadi kewajiban di akhir pekan. Relaksasi semacam ini lebih bermanfaat jika kamu bisa lakukan bersama keluarga atau pasangan.
3. OLAHRAGA RUTIN 
   


Dalam hal ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memilih olahraga yang ternyata terlalu berat untuk kesanggupan fisikmu. Hanya karena olahraga itu sedang populer, kamu tidak perlu mengikutinya, bukan?
Hanya sekadar jogging atau lari pagi ringan mengelilingi area perumahanmu sudah cukup untuk menyegarkan fisik dan pikiranmu. Jika kamu menyukai olahraga renang atau bersepeda, lakukanlah.

4. MENJAGA KEBERSIHAN 

     Kebersihan badan yang baik bisa pula turut berperan dalam memberikan kepuasan pribadi. Kamu bisa memulai tahap ini dengan:
  • Mandi Secara Rutin
  • Menyikat Gigi 2 Kali dalam Sehari
  • Membiasakan Mencuci Tangan
  • Menjaga Kuku Tetap Higienis
5. HINDRI KEBIASAAN BURUK
 

   
    Contoh kebiasaan buruk yang sebaiknya kamu jauhi meliputi:
  • Merokok. Aktivitas satu ini tidak cuma akan berpengaruh pada kesehatanmu sendiri, tapi juga orang-orang di sekitarmu yang tidak sengaja menghirup asap rokok (perokok pasif).
  • Kurang tidur. Durasi tidur pada malam hari yang dianjurkan bagi orang dewasa sekitar 7 hingga 9 jam. Bila sering kurang tidur, kamu berpotensi menjadi uring-uringan, sulit konsentrasi, sampai punya risiko lebih tinggi menderita diabetes dan penyakit jantung.
  • Melakukan diet ekstrem. Diet yang benar harus dilakukan secara perlahan-lahan dan kontinyu. Diet ekstrem yang menjanjikan penurunan berat badan secara cepat belum tentu baik bagi kesehatanmu.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol. Bila dilakukan secara berlebihan dan dalam jangka panjang, minuman beralkohol dapat merusak kesehatanmu, termasuk organ hati yang berperan dalam membuang zat-zat beracun dari tubuh.
  • Menggunakan obat-obatan terlarang. Tindakan ini dapat berdampak buruk pada kinerja otakmu. Bila sudah kecanduan, kamu akan sangat sulit untuk terlepas dari cengkeramannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa terlilit kasus hukum!
Menjalani pola hidup sehat selayaknya dibarengi dengan aktivitas yang memberikan kebahagiaan, kepuasan, dan kesehatan. Selama tiga faktor ini mengisi kehidupanmu, bersiap-siaplah untuk menjadi kuat dan sehat sampai tua. Selamat Menjalankan Hidup Sehat kawan...



0 comments

loading...