Advertisement

Belajar Dasar Jaringan Komputer Pemula

Baca Juga

Seputar IT - jumpa lagi dengan saya dalam pembahasan kali ini saya kan menerangkan tentang Dasar-dasar jaringan di Komputer atau Laptop, mungkin bagi yang pernah bersekolah di Jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ) atau bagi yang sedang Belajar TKj yang namanya Jaringan adalah sesuatu yang biasa saja atau sesuatu yang mereka anggap Dasar, tapi bagi para pemula mungkin adalah hal yang amat membingungkan, bagaimana tidak kita harus menghafal Komponen per Komponen. dan saya disini akan menerangkan Seputar jaringan..yuk simak
  • Local Area Network (LAN)

Local Area Network merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer Local Area Network seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam  perusahaan atau pabrik-pabrik kecil sampai pabrik besar untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
Local Area Network
  • Tipe Jaringan Client-Server

Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server dan Server di jaringan dan tipe client servers juga disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Jenis Jaringan Komputer
  • Jaringan Peer To Peer

Bila ditinjau dari peran server di kedua tipe jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

Dasar Jaringan Komputer
  • Protocol Jaringan

Protocol Jaringan selain Untuk menyelenggarakan komunikasi berbagai macam vendor komputer diperlukan sebuah aturan baku yang standar dan disetujui berbagai pihak. Seperti halnya dua orang yang berlainan bangsa, maka untuk berkomunikasi memerlukan penerjemah/interpreter atau satu bahasa yang dimengerti kedua belah pihak.

Dasar Jaringan Komputer
  • KABEL

UTP kabel
UTP Kabel atau kabel unshielded twisted pair adalah kabel yang biasa digunakan untuk membuat jaringan atau network komputer berupa kabel yang didalamnya berisi empat (4) pasang kabel yang yang setiap pasangnya adalah kembar dengan ujung konektor RJ-45   Type / Tipe kategori Kabel UTP / Unshielded Twisted Pair : – Kategori 1 : Untuk koneksi suara / sambungan telepon/telpon- Kategori 2 : protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps- Kategori 3 : protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps- Kategori 4 : protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps- Kategori 5 : protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps.
Dasar Jaringan Komputer

Pada konektor yang ke 2 untuk urutan 1- 2- 3 dan 6 disilang. Dimana pada pin 1 dan 2 merupakan pin untuk transmit data dan pin 3 dan 6 merupakan pin untuk received data.

0 comments

loading...