Advertisement

Aku Si Pembawa Peradaban ( Komputer )

Baca Juga


Namaku adalah computare, arti dari namaku yaitu menghitung. Aku ini sebuah mesin yang berfungsi untuk pengolah data, aku diciptakan pada tahun 1822 oleh Charles Babbage. Aku ini dulunya hanya sebuah mesin kalkulator untuk menghitung aritmatika. Karena seiring berjalannya waktu aku mulai digunakan untuk berbagai kegiatan seperti mengolah data misalnya. Saat ini aku sudah lahir menjadi 5 generasi. Aku akan menceritakan generasiku yang pertama.




Itulah generasi pertamaku, mengagumkan bukan? Mesin yang ditempatkan pada satu ruangan dan hampir tidak ada space diruangan itu (generasi pertama ini besarnya hampir satu lapangan basket jika sekarang), dan juga memerlukan daya sebesar 160 KW. Pada 15 Februari 1946, waktu itu aku dirancang oleh 2 orang professor universitas pennsylvania yang bernama John Presper Eckert dan John W.Mauchy. pada waktu itu mereka bekerjasama dengan amerika serikat dan terciptalah generasi pertama ku yang bernama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer).

Pada tahun 1948 ditemukan sebuah transistor. Sebuah alat yang sangat berfungsi sekali untuk alat elektronik waktu itu, kemudian pada tahun 1956 transistor ini ditambahkan kepadaku (generasi kedua) yang membuat ukuranku sedikit mengecil. Tapi transistor ini membuat suhu mesinku cepat meningkat dan mempercepat kerusakanku dan akhirnya ditemukanlah sebuah IC (Integrated Circuit) oleh Insinyur Texas Instrument yaitu Jack Kilby. Pada generasi yang ketigalah IC ini dipasang untuk menggantikan transistor. Fungsi IC ini adalah sebagai wadah dikombinasikannya komponen elektonik kedalam satu piringan kecil, berkat IC inilah ukuran aku pun sedikit mengecil lagi. Pada generasi aku yang ketiga ini sudah mulai mengenal dengan namanya OS (Operating System) dan dipasang didalam diriku. Berkat OS inilah aku bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamaan atau lebih dikenal dengan Multi-Tasking.

Dan akhirnya lahirlah aku generasi yang ke empat yang suka orang orang pakai untuk melakukan pekerjaan mereka, aku dirancang untuk memudahkan pekerjaan orang-orang dan aku senang bisa membantu semua orang entah apa yang terjadi jika tidak ada aku. Aku tidak bisa membayangkannya. Saat ini generasi aku yang kelima masih dalam tahap pembuatan, jika nanti generasi kelima ini tercipta benar benar akan membuat dunia ini mudah dalam segala hal.

Akulah komputer, aku diciptakan untuk membantu pekerjaan kalian , gunakan aku dengan baik jangan gunakan aku untuk hal tidak baik , gunakan aku sebagai mana mestinya aku digunakan .



(aku sipembawa peradaban)





sekian dari saya , semoga bermanfaat . . . .

0 comments

loading...